Label

Love Bpro 5 AE. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 05 Oktober 2015

Tips Menggunakan Brica - Bpro 5 Action Camera


Selamat Siang Readers, 

Ada yang sudah punya Aksi Kamera Bpro 5 ? 

Masih bingung dengan cara setting kamera aksi ini ?


Yup, untuk itulah saya membuat artikel ini untuk menjawab sebagian informasi yang selama ini kalian cari. Kali ini saya akan memberikan Tips & Trick bagaimana mengatur beberapa setingan pada aksi kamera Bpro 5 ini.


Setting Brica Exposure dan Iso

Sebagian orang ada yang mengeluhkan kenapa Bpro 5 hasil kameranya sangat jelek, sangat jauh berbeda dengan hasil foto yang sudah di review oleh banyak orang ? Mungkin itu adalah hasil foto editan dan bukan hasil dari kamera aksi Bpro 5. Opini miring ini saya perhatikan sering dikeluhkan oleh mereka yang memang awam / pemula  dengan penggunaan aksi kamera. Setiap orang berhak untuk beropini, tetapi disini saya akan memberitahu agar para pengguna tidak bingung dan bisa mendapatkan hasil gambar yang baik.

Menurut saya untuk yang masih newbie dalam fotografi untuk kamera ini cukup main settingan Exposure saja, dan  yang lain dibiarkan  auto. Exposure di sini hanya -2 -1 -0.7 0 +0.7 +1 +2. Untuk settingan terbaik saat terang benderang gunakan exposure +0.7 atau +1 saja. Tetapi saat keadaan malam hari atau gelap (LOWLIGHT) atur settingan exposurenya +1 atau +2 dan matikan anti getarnya. Di sini anti getarnya membuat gambar menjadi gelap sekali. Menurut saya lebih baik matikan saja anti getarnya. Karena antigetar mengurangi cahaya masuk.

Sedangkan bagi yang sudah mengerti fotografi, kalian bisa mainkan isonya. Dimana iso semakin besar maka akan semakin noise. Tetapi bagi yang mengerti settingan iso nya membuat gambar bisa menjadi semakin bagus.


Settingan Selfie, Wefie, Groufie

Untuk yang suka selfie, wefie, groufie bisa menggunakan timer 5 sec untuk foto.  Timer di Bpro ini tidak akan berhenti sampai di pencet lagi tombol shutternya. Kenapa begitu? Karena timer ini bisa di gunakan untuk time lapse.  

Untuk yang mau selfie, wefie, groufie action, Bisa di gunakan timer 5sec dan nyalakan anti getarnya maka akan mendapatkan setiap moment lompatan - lompatan indah kita.



Burst shot

Di Bpro 5 ini untuk melakukan burst shot hanya bisa di lakukan dengan bantuan aplikasi seperti ispo cam, brica dan ismart dv.  Sehingga di perlukan koneksi ke dalam smartphone.


Time lapse

Untuk time lapse bisa menggunakan tripod dan menjalankan timer photo untuk mendapatkan foto banyak yang nantinya akan di gabungkan menjadi 1 dengan aplikasi untuk membuat timelapse.


Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat dan salam Bpro Indonesia...
Love Action Camera, Love Bpro 5

96 komentar:

  1. Hai...
    Saya bertanya dong, saya atur settingan self timer 5sc, tapi kok pas mau saya matikan self timernya jadi gak bisa ya? Saya juga sudah coba untuk reset settingan tapi tetap tidak bisa.
    Bisa bantukah?

    BalasHapus
  2. Hai...
    Saya bertanya dong, saya atur settingan self timer 5sc, tapi kok pas mau saya matikan self timernya jadi gak bisa ya? Saya juga sudah coba untuk reset settingan tapi tetap tidak bisa.
    Bisa bantukah?

    BalasHapus
  3. thanks ternyata ada blog ini. baru aja buka dus semalem.,.,hehe.,., mohon info untuk android app yang bagus pakai apa ya? saya sudah coba pakai Bpro5 App dan Street Storm, apa ada lagi rekomendasi yang lebih baik? thnks

    BalasHapus
  4. thanks ternyata ada blog ini. baru aja buka dus semalem.,.,hehe.,., mohon info untuk android app yang bagus pakai apa ya? saya sudah coba pakai Bpro5 App dan Street Storm, apa ada lagi rekomendasi yang lebih baik? thnks

    BalasHapus
  5. Mau tanyak dong kok bpro saya nggak hd ya jadinya itu harus gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal disetting aja bro lewat pengaturannya diubah ke rosolusi paling tinggi.

      Hapus
  6. Mau tanyak dong kok bpro saya nggak hd ya jadinya itu harus gimana

    BalasHapus
  7. Mau tanyak dong kok bpro saya nggak hd ya jadinya itu harus gimana

    BalasHapus
  8. Kak saya mau nanya dong kalau app buat ke iphone 4G pake apa yang buat bpro ae 5 soalnya engga conect2 euy pake yang bpro ae5 nyaa -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gitu kalau pakek Iphone, jadi ya pakek Hp temen hehe

      Hapus
  9. Kk mau nanya kok tampilan layar dan hasil take foto saya warnanya kepink pink sih tidak sesuai dengan keadaan nyatanya sih?
    Mohon solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pink biasanya akibat dari Exposurenya, coba exposurenya di buat 0.

      Hapus
  10. Tolong di bantu agan2. Knp yaa bpro5 saya tidak mau nyimpan video ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah di chek lewat memorynya di buka lewat PC ?, mungkin Bpronya gak cocok dengan Hpnya paling seering terjadi sama Iphone. kalau emang bener2 kagak nyimpan coba ganti memory jika masih berlanjut bisa dibawa ke tempat belinya gan.

      Hapus
  11. Tolon di bantu agan2. Knp yaa bpro5 saya tidak mau nyimpan video ?

    BalasHapus
  12. Kenapa ya hasil foto bpro5 12mp saya gambarnya noise.. terutama kalau pencahayaan gelap... ternyata malah kalah jauh dibandibg sama hasil jepretan ho samsung j7... bpro menang karena wide lense saja ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimanapun harga = hasil. Mau berharap bagus ya Gopro gan, pasti jauh lebih baik. Tapi punya ane kalau di tempat terang gak noise kalau di tempat lowlight ya seperti itulah

      Hapus
  13. Kenapa ya hasil foto bpro5 12mp saya gambarnya noise.. terutama kalau pencahayaan gelap... ternyata malah kalah jauh dibandibg sama hasil jepretan ho samsung j7... bpro menang karena wide lense saja ....

    BalasHapus
  14. mau nanya dong, untuk menghilangkan efek wide nya itu bisa gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di bpro adanya nambah efek widenya alias tambah lengkung , kalau di Xiaomi ada gan.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  15. kalau nambah efek widenya gmana caranya gan?

    BalasHapus
  16. Saya mau tanya dong bpro ae saya kan batre nya abis setelah di cas stengah jam gitu giliran di nyalain lagi kamera nya malah nggak nyala gmna ya ?

    BalasHapus
  17. Saya mau tanya dong bpro ae saya kan batre nya abis setelah di cas stengah jam gitu giliran di nyalain lagi kamera nya malah nggak nyala gmna ya ?

    BalasHapus
  18. Cara mematikan wifi di bpro 5 gimana ya? Saya pencet tombol atas gak mati2, mohon infonya

    BalasHapus
  19. Cara mematikan wifi di bpro 5 gimana ya? Saya pencet tombol atas gak mati2, mohon infonya

    BalasHapus
  20. Gan maaf mau tanya

    Ko saya ketika upload foto di bbm hasil dari gambar b-pro nya sendiri ko jadi blur ya
    Tapi sedangkan kalo upload di ig biasa aja aman aman aja.
    Maaf ada solusinya ga gan untuk settingan jika mau uplod di bbm supaya ga blur.
    Makasih gan

    BalasHapus
  21. Kok di bpro5 ae2 saya gak ada tulisan iso ya gan? D mana mencarinya?? Trims

    BalasHapus
  22. kalau di bbm itu otomatis resolusinya berubah drastis karena fitur bbmnya gitu aja seperti di FB.
    settingan tekan tombol [power] sampai muncul menu lalu cari tulisan iso [tekan tombol panah] pasti ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di ae2s ane juga ga ada tuh gan settingan ISO. Suka bingung. Banyak blogger yg nyaranin setting ISO di Borobudur ae2s. Menu settings untuk ISO nya aja ga ada. Gmna mau setting.

      Hapus
  23. Sob punya saya aplikasi brica nya di buka gak bisa nih.. padahal udah conect, tp tau2 nutup sendiri nih..
    Tlong dong solusinya.. tnx

    BalasHapus
  24. Sob punya saya aplikasi brica nya di buka gak bisa nih.. padahal udah conect, tp tau2 nutup sendiri nih..
    Tlong dong solusinya.. tnx

    BalasHapus
  25. Gan mau nanya nih brpo AE kok pas dimasukin batre ada tulisan sensor fail 2 itu kenapa ya??? Jadi gabisa dipake nih gan mohon infonya

    BalasHapus
  26. Gan punya saya ga bisa nyala, harus sambil di charger nyala, kalau ga di charger ga bisa nyala, padahal baru beli kemarin dan batrenya full

    BalasHapus
  27. Gan mau tanya dong. Kenapa ya bpro ae 2 ane kalo foto pake waterproof ada vignette di ujung atas kiri sama bawahnya, kira kira gmna ya gan?

    BalasHapus
  28. Gan mau tanya dong. Kenapa ya bpro ae 2 ane kalo foto pake waterproof ada vignette di ujung atas kiri sama bawahnya, kira kira gmna ya gan?

    BalasHapus
  29. Gan.. cara menghasilkan wide yg bagus gimna ya gan,,

    BalasHapus
  30. gan cara ngubah password bpro 5 ae2 gmn ya ?

    BalasHapus
  31. Kenapa yah hasil foto nya jadi nge blur kalau di zoom? Agar tidak nge blur gimana?

    BalasHapus
  32. Kenapa yah hasil foto nya jadi nge blur kalau di zoom? Agar tidak nge blur gimana?

    BalasHapus
  33. Bagaimana ya caranya menghilangkan suara klitik2 rekaman bpro,padahal sdh di set mati

    BalasHapus
  34. Bagaimana ya caranya menghilangkan suara klitik2 rekaman bpro,padahal sdh di set mati

    BalasHapus
  35. Mau tanya...aku kn beli bpro ae2....trus aku nyoba foto...hasil nya kok pecah" ya pas di zoom......aku setting dari pilihan kamera 16 mp sampek 5 mp sama saja.....mohon batuan nya

    BalasHapus
  36. Mau tanya...aku kn beli bpro ae2....trus aku nyoba foto...hasil nya kok pecah" ya pas di zoom......aku setting dari pilihan kamera 16 mp sampek 5 mp sama saja.....mohon batuan nya

    BalasHapus
  37. Mau tanya hp aku vivo Y51 aku pake bpro5 ae mark II tapi gak bisa connect wifi nya, tapi pas ditoko bisa. Ada solusinya? Makasih

    BalasHapus
  38. Gan. Tanya ni.
    Kalo bermain timelapse pake videonya gimana caranya ya ? Karna pernah cba durasi rekaman sekitar 15 sampe 20 menit. Tp hasilnya sedetik. Penjelasannya gan. Yg detail. Klo perlu step by step. ;)
    Thanks a lot gan.

    BalasHapus
  39. Kan saya beli bpro5 alpha edition sy pake 12mp lalu hasil fotonya kok kalau dizoom pecah noise kira kira ada solusinya tdk??

    BalasHapus
  40. Gan kenapa punya saya ga bisa conetc wifi yah padahal saya sudah download app nya tapi pas sudah conect malah camera, atau pun video nya not conect dan di galeri nya pun kosong padahal di camera sudah ada beberapa foto, coba di bantu yah

    BalasHapus
  41. mau tanya dong , cara menghilangkan jam dan tanggal di b-pro gimana ya ?

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Gan ada yg ngalamin wifi bpro 5 4K nya ga bisa dimatiin pake tombol yg diatas ga? Jadinya gw factory reset terus kalau mau matiin wifi, Sama hasil photonyaa di HP bagus, Tapi pas upload ke IG pecah. Ada yg ngalamin share dong cara atasinnya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake tomobol zoom yg disamping tombol yg diatas gan mati tu wifinya

      Hapus
    2. Pake tomobol zoom yg disamping tombol yg diatas gan mati tu wifinya

      Hapus
  44. Gan ada yg ngalamin wifi bpro 5 4K nya ga bisa dimatiin pake tombol yg diatas ga? Jadinya gw factory reset terus kalau mau matiin wifi, Sama hasil photonyaa di HP bagus, Tapi pas upload ke IG pecah. Ada yg ngalamin share dong cara atasinnya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gue juga gini. bagi solusinya dong kak

      Hapus
    2. Tekan 1x tombol atas(navigasi) disamping camera brica.coba aja pasti berhasil gan.hehehe

      Hapus
  45. Gan mau tanya nii,,B-PRO ane knpa yaa buat merekan video slama 15menitan hasilnya malah terpotong jdi 9detik
    mohon solusinya....

    BalasHapus
  46. Info nya dong kak . Kenapa hasil foto b pro Mark 2 kalau di buat foto bbm kok agak burek/burem ?

    BalasHapus
  47. hai kak, saya mau tanya. kenapa hasil foto pada bpro ae2 saya pecah2 ya? pdahal resolusinya sudh diatur 16mp dan foto sering tidak terbaca pada kartu memory. terimakasih

    BalasHapus
  48. Gan gimana cara mengatasi hasil jepretan yang download sendiri .. mau request download manual gk bisa .. tolong bantu

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Hehehehe..Banyak yang bingung masalah hasil brica.sama donk.Tp sekarang ane ganti lensa sjcam.lumayan mengurangi Noise.sekedar informasi memang betul kalau kondisi siang ane setting exposur +3 hasilnya lumayan bagus sedikit noise dibanding auto dan ane test di Brica AE Mark II.oh ya gan kalau kalau matiin wifi di brica,itu memang petunjuknya tekan atas untuk mematikan wifi.maksudnya atas itu Tombol Navigasi bagian atas,tombol yang disamping camera..coba aja,pasti berhasil..

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Kok punya saya baru belum saya pasang memory .. Sering ngehang ya. Tolong infonya makasih

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba hidupkan brica tanpa baterai bang,lewat kabel usb di pc atau powerbank.biasanya bisa langsung hidup trus langsung factory reset/Kembali pengaturan pabrik.semoga berhasil...

      Hapus
  54. Mau tanya, itu hasil foto bpro 5 nya kok pecah pecah gimana? Terus biar ga pecah pecah lagi caranya diapain? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bantu jawab ya bang..Pribadi saya sdah menggunakan banyak cara mengedit foto dan video brica Ae II saya tapi hasil memang kurang jernih,banyak noise.itu memang hasil dr foto sensor kurang bagus mungkin.saya sudah pernah bongkar xiaomi yi dan membandingkan sensor camera.sensor xiaomi yi 2 kali lebih lebar dan besar dan alhasil hasilnya bagus.solusinya saya belum ketemu sudah merubah setting exposure dll..diterima aja bang intinya.bnyak yang kurang puas dengan hasilnya,di forum facebook juga banyak yang ngeluh,perasaan kita sama bang...hehehe

      Hapus
    2. Ko bisa gitu ya bang, saya juga sama ko pecah pecah yah

      Hapus
  55. mohon bantuannya. bpro sya gak bisa mndeteksi memory card. sudah sya coba smpai 3 memory tetap gak bisa kdeteksi. itu knapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Bantu jawab ya bang..coba format mmc pakai card reader di Laptop atau pc.trus klik restore device defaults trus ok..kalau masih tetap ga bisa detect di brica,kemungkinan pin slot mmc ada yang patah/bengkok bang.saran coba ke service dulu..semoga membantu

      Hapus
  56. Mohon bantuannya,bpro saya ga bisa conek" sih gimana ya,udah dicoba pake hp samsung J2 sama samsung galaxi grand 2 ga bisa" gimana ya?minta bantuannya,☺

    BalasHapus
  57. Gan cara ngidupin efek cermin di bpro mark 2s gmna ya? Biar kaya selfie di hp niasa gtu

    BalasHapus
  58. mau nanya dong, kok kalo buat video di bpro pas di instal ke hp gk bisa di play ya

    BalasHapus
  59. Maaf mau nanya ko hasil bpro ae2s saya ko gambarnya pecah pecah sama kaya ada semut?

    BalasHapus
  60. Kak saya mau nanya,bpro saya kan udah dihubungkan sama hp tapi pas motret gambar ko gada hasilnya itu kenapa ya kak?

    BalasHapus
  61. Om... mo nanya, bpro saya ngehang ketika download video lewat smartphone. Akibatnya layar lcd nya ketika dihidupkan tidak muncul. Trus yg hdup hanya led warna birunya saja. Gmn mo resetnya ya.. padahal sdh di coba dilepaskan baterainya.

    BalasHapus
  62. Saya mau tanya. Kenpa ko bpro saya tidak bisa membuka hasil rekaman video di hp, intinya tidak bisa di puter di hp. . Saya pake oppo A57.. Mhon bantuannya ..Trmakasih

    BalasHapus
  63. Saya mau tanya. Kenpa ko bpro saya tidak bisa membuka hasil rekaman video di hp, intinya tidak bisa di puter di hp. . Saya pake oppo A57.. Mhon bantuannya ..Trmakasih

    BalasHapus
  64. Saya mau tanya. Kenpa ko bpro saya tidak bisa membuka hasil rekaman video di hp, intinya tidak bisa di puter di hp. . Saya pake oppo A57.. Mhon bantuannya ..Trmakasih

    BalasHapus
  65. Hi.tolong solusinya dong.knapa yhh bpro saya hasil vidionya patah" maupun di liat di hp/di bipronya jga patah"

    BalasHapus
  66. Hi.tolong solusinya dong.knapa yhh bpro saya hasil vidionya patah" maupun di liat di hp/di bipronya jga patah"

    BalasHapus
  67. Hi.tolong solusinya dong.knapa yhh bpro saya hasil vidionya patah" maupun di liat di hp/di bipronya jga patah"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya masalah pada memory....
      Beasar kapasitas dan kecepatan memory harus di perhatikan gan...

      Hapus
  68. Gan mau nanya format video bpro 5 ae lite... cuma AVI doang.???
    Ngga bisa mp4.???

    BalasHapus
  69. Gan tolong bantuan nya kenapa hasil video b pro 5 AE Mark 2s ketika di putar di hp saya patah patah ya..tolong bimbingan nya

    BalasHapus
  70. Gan tolong bantuan nya kenapa hasil video b pro 5 AE Mark 2s ketika di putar di hp saya patah patah ya..tolong bimbingan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab Mbak/Mas.
      Setahu saya memang kalau dari Bpro 5AE resolusi videonya besar, kadang resolusi HP nya gak mendukung. Sebaiknya d buka d PC.
      Kalau ingin rekaman videonya nanti d buka d HP, sebaiknya waktu merekamnya resolusinya d buat rendah Mbak/Mas.
      Begitu sepengetahuan saya, maaf kalau ada yg salah.

      Hapus
  71. Bro mau tanyak nih...kamera gua kok gak bisa nyala knpaa yaa ?? Nyalanya cmn pas di cas aja...kalo cas nya di cabut...otomatis kamera mati

    BalasHapus
  72. Gan mo nanya nich.. Apa emng ga ada suara nya pas ngerekam video ya?? Saya pake hp samsung a80 gan?? Mohon d bantu 🙏

    BalasHapus
  73. Minta solusinya satu Mas/Mbak...

    Saya punya B Pro AE3S 4K. Saya pakekan SD mikro Sandisk Extrem Pro 64G U3. Setelah d masukkan k kamera actionnya, kartunya memformat terus gak berhenti-berhenti, di matikan kameranya juga gak mau, akhirnya di cabut saja SD Cardnya.
    Namun kalau kartunya d masukkan k android, kartunya kebaca juga kalau d buka d notebook kartunya jg kebaca.

    Namun kalau kameranya d isi dengan SD Card 35G C10, kameranya bisa membaca kartu tersebut.

    Kira² apa penyebab SDCard 64G nya gak bisa kebaca ya?
    (Padahal 64G ituasih termasuk spek yangasih d baca kameranya)

    BalasHapus
  74. mo tanya donk. BPRO AE2s saya kok ga bisa auto ngapus ya saat memory penuh? cara seting supaya bisa auto hapus gmn ya?

    BalasHapus

 

About